Halo Sobat Mas Rizky, berjumpa lagi ya di Website yang sama, dalam kesempatan kali ini admin Masrizky.web.id akan berbagi Rahasia Pemasaran Facebook yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya.
Facebook mungkin merupakan media sosial paling serbaguna tempat Anda dapat mempromosikan bisnis Anda kepada audiens target Anda.
Akan tetapi, platform periklanannya, Facebook Ads, tidak mudah dikuasai. Meskipun raksasa media sosial ini menyediakan peluang besar untuk menjangkau pasar target Anda, masih banyak rahasia yang bahkan mungkin belum pernah didengar oleh seorang profesional berpengalaman.
Rahasia-rahasia ini menunjukkan teknik periklanan Facebook, dan ini pasti akan membantu Anda memahami langkah-langkah penting yang diperlukan untuk mempromosikan bisnis Anda melalui Facebook.
1. Anda bisa mendapatkan wawasan tentang audiens Anda yang berbasis di AS melalui “Audience Insights++”
Salah satu rahasia Facebook yang dikenal adalah “Audience Insights++” yang memungkinkan Anda mengumpulkan data penting mengenai pelanggan Anda yang berbasis di AS. Facebook telah bermitra dengan beberapa agregator data terkemuka di AS untuk menyediakan data audiens kepada pengiklan.
Fitur ini sebenarnya dapat memberi Anda informasi penting mengenai audiens Anda yang berbasis di AS seperti:
- Ukuran rumah tangga pelanggan Anda
- Kebiasaan belanja online
- Kendaraan yang sedang digunakan saat ini
- Kisaran pendapatan
Anda dapat menggunakan informasi ini dalam banyak cara, dan Anda bahkan dapat menghemat banyak uang, yang mungkin Anda habiskan untuk mencari berbagai audiens.
2. Pelaporan Iklan Facebook dapat memberi Anda informasi yang lebih rinci
Sebagai pemasar, Anda mungkin senang mengetahui bahwa Facebook dapat memberi Anda informasi terperinci mengenai orang-orang yang melihat iklan Anda. Selain itu, Anda bahkan dapat membuat daftar total klik atau tayangan yang diterima iklan Anda. Jika dilakukan dengan benar, Anda dapat menggunakan informasi ini terhadap kampanye iklan Anda saat ini untuk melacak kinerjanya menggunakan fitur Pelaporan Iklan Facebook.
Fitur ini berfungsi dengan membantu pengiklan menentukan kinerja iklan menurut negara, usia, dan penempatan. Mungkin salah satu fitur yang paling mengesankan adalah Anda dapat dengan bebas mengedit informasi yang ingin ditampilkan dalam laporan. Opsi yang dapat dipilih meliputi:
- Jenis kelamin
- Usia
- Negara
- Penempatan
- Tujuan
- Jenis kelamin dan usia
Anda bebas memilih salah satu opsi ini untuk mendapatkan hasil yang Anda cari. Misalnya, jika Anda memilih “Jenis Kelamin”, laporan iklan yang Anda buat akan menampilkan jumlah pria dan wanita yang mengeklik iklan Anda.
3. Penargetan situs web menggunakan fitur Pemirsa Kustom Facebook
Facebook telah merilis fitur baru yang akan membantu pengiklan menyesuaikan kembali audiens mereka saat ini. Fitur yang dikenal sebagai Audiens Kustom Facebook ini memungkinkan Anda mengetahui siapa saja yang mengunjungi situs web Anda melalui iklan Facebook Anda.
Fitur Pemirsa Kustom Facebook memberikan manfaat berikut bagi pengiklan:
- Hal ini memungkinkan mereka untuk menjangkau pelanggan mereka melalui daftar pelanggan
- Hal ini memungkinkan mereka untuk mencocokkan daftar pelanggan mereka saat ini dengan daftar pengguna Facebook melalui alamat email tersimpan yang terdapat dalam daftar tersebut.
4. Cari tahu iklan mana yang menghasilkan keuntungan melalui “Conversion Tracking”
Jika Anda ingin audiens target Anda mengambil tindakan setiap kali mereka melihat kampanye iklan Anda, alat pelacak konversi Anda akan memberi tahu Anda apakah kampanye Anda membuahkan hasil. Selain itu, alat ini memberikan bantuan kepada bisnis dalam hal menghitung ROI iklan Facebook mereka melalui laporan terperinci mengenai tindakan yang dilakukan orang setiap kali mereka melihat iklan Anda.
Setelah menyiapkan piksel konversi di situs web Anda, Anda dapat melihat opsi untuk melacak konversi di bagian harga. Setelah konversi dilacak, Anda akan menerima laporan yang memberi tahu Anda tentang tindakan yang terjadi sebagai hasil iklan Anda.
5. Buat tombol variasi Iklan melalui fitur “Power Editor”
Fitur Power Editor terbaru sebenarnya adalah alat pembuat dan pengelola iklan massal yang dibuat untuk pengiklan yang membutuhkan kontrol atas kampanye iklan mereka. Fitur ini terletak di kategori Pengelola Iklan. Setelah membuka Power Editor, Anda harus memastikan untuk memilih iklan di bagian atas. Setelah data mulai terkumpul, Anda akan melihat tombol baru yang disebut “Buat Variasi”. Setelah mengklik tombol ini, Facebook akan mulai mencocokkan berbagai variasi iklan tergantung pada jenis dan penempatan iklan.
6. Wawasan Audiens
Fitur baru “Audience Insights” merupakan salah satu rahasia Facebook Ads yang paling penting namun tersembunyi. Fitur ini bekerja secara berbeda dari Page Insights, yakni mencari tren terbaru mengenai pelanggan Anda saat ini atau calon pelanggan.
Ini dapat ditemukan dalam kategori “Ads Manager” dan mengungkapkan informasi penting seperti:
- Jumlah suka halaman – jumlah suka dan komentar pada postingan Anda bersama dengan jumlah klik pada iklan Anda
- Penggunaan Facebook – menunjukkan platform atau perangkat yang digunakan untuk mengakses halaman Anda
- Demografi – menampilkan usia dan jenis kelamin audiens Anda
- Bahasa dan lokasi – memberi tahu tentang bahasa dan lokasi pilihan audiens Anda
- Aktivitas pembelian – mencakup perilaku belanja audiens di masa lalu beserta metode yang mereka sukai
Jika Anda mengiklankan bisnis Anda di Facebook, pastikan untuk mempertimbangkan fitur rahasia ini untuk mendapatkan hasil yang selalu Anda inginkan.
Demikian informasi tentang Rahasia Pemasaran Facebook yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Jika informasi ini bermanfaat, Jangan lupa Share ya sobat mas rizky, Terima Kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.